in Tips Dunia Kerja

Jenis Ketakutan yang dialami oleh Karyawan

JobSmart Indonesia

Sebagai seorang karyawan rasa takut memang pasti ada, namun jangan sampai ketakutan itu malah membuatmu tidak bekerja dengan baik. untuk itu kenali beberapa jenis ketakutan berikut ini agar kamu dapat bekerja dengan tenang.

1. Takut Gagal

Dalam melakukan pekerjaan tentu saja harus maksimal, namun bukan berarti tidak boleh gagal atau salah. Tapi jika karena takut gagal membuatmu tidak mau mencoba sama sekali maka sebenarnya kamu sudah melakukan hal yang lebih buruk daripada takut gagal.

2. Takut Memimpin

Hampir setiap karyawan pasti memiliki pimpinan, namun bukan tidak mungkin ada kondisi dimana kamu harus memimpin seseorang. Jika dikantormu, kamu diberikan kesempatan dan waktu untuk memimpin, maka kamu harus memanfaatkan itu dengan baik.

3. Takut Dikritik

Kritik adalah hal yang tidak mengenakan, maka dari itu tidak jarang orang tidak bisa menerima kritikan dan menjadi emosional. Jika kita melakukan sesuatu dengan emosional maka kemungkinan besar akan menghasilkan sesuatu yang buruk. Untuk itu, lebih baik siapkan dirimu untuk menerima kritikan dan tetap maju.

4. Takut Digosipkan

Gossip dikantor sih sudah biasa, tapi kalau jadi yang dibicarakan orang-orang ya gak enak juga sih. Tapi kalau kamu selalu menjaga sikapmu secara berlebihan karena takut akan pemikiran orang lain itu juga gak baik. jadilah dirimu sendiri dan jika kamu disukai itu karena kamu jadi diri sendiri.

5. Takut Mengutarakan Pendapat

Sebagai karyawan tentu kamu mempunyai hak untuk mengutarakan pendapat. Jika kamu takut untuk mengutarakannya kepada atasan tentu bukan hal yang baik, karena kamu sendiri yang rugi nantinya.

Hidup dalam ketakutan tentu tidak enak, untuk itu jangan hidup dalam rasa takut, tapi keluarlah dan hadapi dunia tanpa rasa takut.

Baca juga : Jenis Pekerjaan Yang Muncul Di Era Digital

Related Posts