in Tips Dunia Kerja

Jangan Lakukan Hal Ini di Sosmed Jika Karir dan Pekerjaanmu Masih Berharga

JobSmart Indonesia

Siapa sih yang engga punya social media? Pastinya setiap orang punya akun-akun social media setidaknya satu akun yang berbeda-beda. Apalagi Indonesia adalah pengguna akun social media facebook kedua didunia dengan pengguna 41,777,240 dan Indonesia peringkat pertama di asia dalam menggunakan akun twitter. Untuk yang sudah bekerja khususnya jika kamu ingin karir dan pekerjaanmu masih berharga jangan lakukan hal ini di sosmed kalian yaa.

1. Foto Profil yang Vulgar

Kamu yang ingin memasang foto profil di akun sosmed, jangan deh, memasang foto profil yang berbau vulgar bisa saja klien teman atau bos kalian melihat fotoprofil kamu. Sebaiknya jangan dipasang semua foto-foto vulgar kamu. tapi kalau kamu masih ingin memasangnya crop bagian wajah biar sedikit aman.

2. Akun kamu tidak disetting privasi

Privasilah akun-akun sosmed kamu sehingga aman dari stalking, bisa saja orang yang tidak kamu kenal bisa menyebar luaskan postingan-postingan kamu.

3. Menggosipi Atasan dan Rekan Kerjamu

Kesal dan jengkel dengan rekan dan atasan mu boleh saja, tapi janganlah kamu bergosip atau menyinggung rekan atau atasan kamu karena bisa saja teman-teman di sekitarmu adalah teman rekan kerjamu. Dan postingan kamu bisa di beri disebarkan ke orang yang kamu gosipkan.

4. Menghina Tempat Kerja Sendiri

Jangan sekali-kali kamu menghina tempat kerjamu sendiri walaupun kamu tidak berteman dengan rekan atau atasan kantor kamu. Tempat kerja kamu akan diketahui oleh orang-orang tentang kejelakannya. Selain itu kalau HR dikantormu melihat postingan itu, urusan bakal panjang deh..

5. Posting dan Komentar yang Berbau SARA

Menghina yang berbau SARA memang tidak pantas, apalagi kamu memposting dan ikut berkomentar tentang SARA. Kamu bisa dipidanakan secara hukum dengan Bunyi Pasal 28 ayat (2) UU ITE adalah sebagai berikut:“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)”.

6. Mengupload Foto Dokumen Pekerjaan Kantor

Jangan menyebarluaskan dokumen pekerjaan kantor kalian mungkin kalian tidak tahu dengan kerashasiaannya dokumen itu, bisa-bisa pesaing kantor kita melihat dokumen tersebut dan menjadi keuntungan buat mereka.

Lihat dan perhatikan jangan samapai akun sosmed kalian bersih dari hal-hal diatas, karena bisa merusak karir dan juga pekerjaanmu. Jangan sampai kamu keluar dari tempat kerjamu cuma gara-gara akun sosmed kamu.

Baca juga : Jika Karir dan Pekerjaanmu Masih Berharga

Related Posts