in Tips Dunia Kerja

10 Kesalahan Gaya Pakaian Saat Interview Kerja

JobSmart Indonesia

Pada saat interview, penampilan adalah salah satu poin penting. Karena hal itulah yang pertama kali dilihat oleh rekruter dan langsung diberikan penilaian. Untuk itu, kenali aksesoris yang sebaiknya tidak kamu pakai saat interview dibawah ini :

1. Cat kuku yang berwarna terang

Memakai cat kuku memang tidak dilarang saat interview tapi sebaiknya gunakanlah warna yang tidak terlalu mencolok, atau lebih baik jangan gunakan cat kuku dan pastikan kukumu terlihat bersih.

2. Memakai terlalu banyak perhiasan

Walaupun perhiasanmu banyak, tapi jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya. Jangan gunakan lebih dari dua cincin dalam satu tangan, atau lebih dari satu anting di telingamu.

3. Sepatu sandal

Memakai sepatu pada saat interview adalah keharusan, jangan menggunakan sandal atau sepatu sandal yang memperlihatkan jari-jari kakimu.

4. Memakai rok tanpa stocking

Memakai rok pada saat interview seringkali dilakukan oleh para wanita. Tapi jangan biarkan kakimu terlihat kosong, gunakanlah stocking, walaupun kakimu bersih dan mulus tetaplah gunakan stocking untuk kesan profesional.

5. Baju yang ketinggalan jaman

Sesuaikan bajumu dengan tren saat ini. Jangan sampai kamu bertahan menggunakan gaya pakaian tahun 2000an awal. Dengan begitu kamu menunjukan bahwa kamu juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarmu.

6. Rok yang terlalu pendek

Memakai rok tidaklah dilarang saat interview, tapi jangan pakai rok yang terlalu pendek karena hal itu bisa membuatmu terlihat tidak profesional.

7. Jaket kulit

Jangan pakai jaket kulit saat interview, karena hal itu tidaklah sesuai. Walaupun kamu menggunakan blazer sebaiknya jangan yang berbahan kulit juga.

8. Baju turtleneck untuk laki-laki

Sebaiknya laki-laki menggunakan kemeja berkerah sehingga bisa memakai dasi sehingga terkesan lebih profesional.

9. Tas yang bercorak terlalu ramai

Tas yang tidak terlalu mencolok dan tidak bercorak lebih baik digunakan saat interview, karena akan memberikan kesal formal dan tidak santai.

10. Tas merah

Warna merah memiliki kesan yang agresif dan mencolok sehingga sebaiknya tidak digunakan pada saat interview kerja.

 

Apapun yang kamu kenakan, upayakanlah agar itu dapat memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang profesional dan siap bekerja.

 

Baca juga : 5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja

 

Related Posts