in Tips Dunia Kerja

Cara Menghadapi Teguran Dan Kritik Pedas di Tempat Kerja

JobSmart Indonesia

Kritik & teguran adalah hal yang sering terdengar dikantor. Cara penyampaiannya pun berbeda-beda, ada yang secara kritik halus, professional ataupun pedas. Bahkan ada karyawan yang sampai putus asa dan drop saat mendapatkan kritikan tersebut. Supaya hal itu gak terjadi sama kamu, berikut yang harus kamu lakukan ketika mendapatkan kritik dan teguran di tempat kerjamu:

1. Tetap Tenang dan Jangan Emosi

Kamu mendapatkan kritk bahkan sampai sebuah hinaan sekalipun, usahakan untuk tetap tenang dan jangan sampai terpancing emosinya. Abaikan saja hinaan yang kamu terima dan dengarkan kritik tersebut dengan kepala dingin. Karena dengan belajar dari kritik tersebut, kamu bisa menjadi orang yang lebih baik lagi.

2. Tanyakan Alasannya

Tidak ada asap jika tidak ada api. Jika kamu mendapatkan kritik, pastikan kamu tahu alasannya. Jangan mau jika kamu dikritik tanpa diberikan penjelasan mengapa kamu dikritik seperti itu. Lebih baik lagi jika kamu tanyakan saran yang bisa kamu lakukan.

3. Abaikan Kritikannya

Tidak semua kritikan dan teguran itu dapat menjatuhka, bahkan ada yang bisa membangun diri kamu. Nah abaikanlah kritik yang menurutmu dapat menjatuhkan sehingga kamu tidak terlalu memikirkannya.

Jangan baper jika mendapat krikitan pedas dari seseorang lain. Jika memang kritikan itu memiliki alasan yang kamu terima, kamu harus dapat menerimanya dan berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi. Tapi kalau tidak ya, abaikan saja, mungkin orang yang mengkritikmu itu lagi stress.

Baca juga : Orang-Orang Kantor Yang Bisa Bikin Karirmu Melejit

Related Posts