in Tips Dunia Kerja

Working Life vs College Life

JobSmart Indonesia

Kebanyakan mahasiswa yang sudah diwisuda, alias sudah diberikan gelar sesuai dengan bidang studinya selama ini, akan mulai memasuki tahap baru dalam hidupnya, yaitu dunia kerja. Walaupun tidak semua fresh graduate ingin bekerja di perusahaan, tapi kebanyakan dari mereka akan mencoba untuk bekerja di perusahaan.

Dunia kerja sangatlah berbeda dengan kehidupan kampus. Maka dari itu, sebelum terjun langsung ke dunia kerja, yuk intip perbedaan antara dunia kerja dan dunia kampus.

1. Waktu

Working life : Jangan harap kamu bisa datang seenaknya kekantor, karena untuk datang terlambat ke kantor saja, kamu harus berpikir dua kali.

College Life : Kamu bebas memilih mau datang ke kampus apa saja, sesuai dengan jadwal kuliah yang sudah kamu pilih sendiri.

2. Pertemanan

Working life : Sementara di dunia kerja, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang usianya berbeda denganmu, begitu juga dengan statusnya. Apalagi jika kamu adalah fresh grad, kamu adalah karyawan yang paling muda dikantor itu. Sebenarnya tidak sulit untuk menjalin pertemanan dengan mereka, asal kamu mau mencoba saja.

College life : Di Kampus kamu bertemu dengan orang-orang yang seumuran dengan kamu. Kamu akan bertemu dengan ratusan orang yang memiliki tujuan yang sama denganmu yaitu lulus kuliah nantinya, sehingga mudah sekali bagimu untuk menjalin hubungan pertemanan.

3. Keuangan

Working life : Ketika memasuki dunia kerja, kamu akan menjadi orang yang mandiri. Kamu sudah memiliki gaji yang harusnya dapat memenuhi kebutuhan hidupmu atau bahkan turut membantu kedua orangtuamu.

Collage life : Selama dikampus, hidupmu masih disubsidi oleh orangtuamu. Setiap bulannya kamu akan mengandalkan uang yang dikirimkan oleh orangtuamu. Jika uangmu habis ditengah bulan dan kiriman dari orang tua belum sampai, temanmu masih bisa diandalkan.

Kuliah dan kerja merupakan tahapan dalam hidup yang harus dilalui. Jadi, jangan terlalu berlama-lama hidup didunia kuliah, karena dunia kerja sudah menantimu untuk dicicipi.

 

Baca juga : Tips Untuk Melamar Magang

Related Posts