in Tips Dunia Kerja

Panduan Berpakaian Saat Wawancara Kerja

JobSmart Indonesia

Berpakaian, adalah sudah dilakukan sehari-hari, tapi ingatlah berpakaian haruslah menyusuaikan lingkungan sekitarmu, jangan sampai dengan cara berpakaian kesan pertama kita di tempat perusahaan bekerja yang kita impikan menjadi buruk.

Berikut tips untuk berpakaian yang cocok saat interview kerja,:

1. Sesuaikan Pakaian dengan Perusahaan yang Kamu Incar

 Jika kamu melamar ke perusahaan yang memiliki lingkungan kerja serius seperti bank, konsultan,firma hukum, pakailah pakaian formal seperti setelan resmi ataupun blazer. Tapi jika perusahaan yang dituju adalah bidang kerja kreatif seperti agensi periklanan, desain grafis dan media, ubah penampilanmu agar lebih berwarna seperti pemakaian aksesori scarf, kalung, atau ikat pinggang dll.

2. Pilih Warna yang Cocok

Menurut beberapa panduan karier, 23% perusahaan cenderung menyukai biru dan 15% hitam atau abu-abu. dan warna orange, merah ataupun warna-warna terang biasanya tidak pas. Warna dapat mempengaruhi mood seseorang.

3. Jangan Berpakaian yang Menimbulkan Kesan Seksi

Bagi wanita, jangan memakai rok yang terlalu mini, celana ketat, dan kemeja yang dengan kerah terlalu rendah pada saat wawancara kerja. Penampilan seperti itu akan membuatmu terkesan tidak profesional. Bahkan penampilan seperti itu bisa jadi membuat penilaianmu menjadi rendah.

4. Hindari Pemakaian Aksesoris yang Berlebihan

Banyaknya aksesoris yang kamu pakai ternyata dapat mengganggu penglihatan pada saat interview berlangsung. Selain itu untuk wanita juga sebaiknya tidak membawa tas yang besar pada saat wawancara kerja karena dapat memakan waktu untuk mengambil sesuatu didalam tas.

5. Perhatikan Penampilanmu Dari Atas Sampai Bawah

Pria biasanya tidak terlalu memperhatikan penampilannya, tapi pada saat kamu mengikuti wawancara kerja, kamu harus memperhatikan semua jenis kerapihan berpakaian dan penampilan. Mulai dari rambut, pastikan rambutmu tidak terkesan berantakan pada saat interview. Selanjutnya perhatikan kemeja yang dimasukan kedalam celana panjangmu, ikat pinggang juga penting, agar dapat terkesan rapi, Perhatikan juga sepatu yang kamu pakai. Jangan lupa untuk bersihkan sisa-sisa kotoran atau tanah yang terkesan kotor. Begitupun dengan wanita, juga harus memperhatikan penampilan dan kerapihan walaupun wanita terkesan cukup memperhatikan kebersihan dan kerapihan penampilannya sendiri. Para wanita yang memiliki rambut panjang, biasakan mengikat rambut kalian dengan ikat rambut agar terkesan lebih rapih dan bersih.

Penampilan adalah salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan, saat melakukan wawancara kerja. Karena penampilan yang oke bisa meningkatkan rasa percaya diri. Dengan percaya diri yang baik maka kamu dapat menciptakan kesan yang baik pula pada saat interview kerja.

Baca juga : Cara Jual Diri Ke Perusahaan.

Related Posts