in Tips Dunia Kerja

5 Alasan Kenapa Belum Mendapat Pekerjaan

JobSmart Indonesia

Kamu sudah lama berusaha mencari pekerjaan, namun belum mendapatkannya juga? Mungkin saja kamu melakukan beberapa kesalahan seperti yang dibawah ini :

1. Salah Melamar Pekerjaan

Kamu melamar pekerjaan yang bukan salah satu keahlianmu. Bukan berarti kamu tidak boleh mencoba pekerjaan yang berbeda dari pekerjaanmu yang terakhir, tapi kamu juga harus menyesuaikan pekerjaanmu itu dengan keahlianmu.

2. Terlalu Banyak Informasi

Memberikan terlalu banyak informasi juga tidak terlalu bagus dalam proses melamar kerja. Seorang rekruter menghabiskan banyak waktu untuk menyeleksi setiap CV yang masuk. Untuk itu buatlah CVmu singkat, padat dan jelas, sehingga kamu tidak membebani rekruter dengan banyak informasi.

3. Salah Waktu Melamar

Jika kamu ingin melamar pada perusahaan tertentu, kamu harus tahu kapan perusahaan itu akan melakukan open recruitment supaya kesempatanmu untuk bekerja di perusahaan itu semakin besar

4. Kurang Persiapan

Melamar pekerjaan haruslah disertai dengan persiapan yang matang, seperti CV yang baik dan benar dan juga kelengkapan lainnya, misalnya kamu ingin melamar ke perusahaan asing, dengan syarat harus memiliki sertifikat TOEFL, namun kamu masih belum memilikinya. Untuk itu gunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan semua persyaratan dengan baik.

5. Malas Mencari Kerja

Ya wajar sekali kalau kamu belum mendapat pekerjaan karena kamu malas untuk berusahanya. Mencari kerja memang tidak mudah dan butuh usaha yang keras. Maka dari itu jangan sampai kamu bermalas-malasan yang melewatkan kesempatan yang ada. Manfaatkanlah setiap peluang dan berusahalah hingga kamu mendapatkannya.

Begitulah kesalahan yang mungkin kamu lakukan hingga belum mendapat pekerjaan. Tapi orang yang sukses adalah orang yang mampu belajar dari kesalahan. Tetap semangat, ya!

Baca juga : Tips Untuk Melamar Magang

Related Posts