in Tips Dunia Kerja

7 Hal Yang Bisa Merusak Konsentrasimu Saat Bekerja

JobSmart Indonesia

Saat bekerja tentu saja kita membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tapi ternyata ada beberapa hal yang terjadi disekitar yang membuat konsentrasimu terpecah. Berikut 7 hal yang merusak konsentrasi saat bekerja.

1. Gadget

Gadget-mu bisa menjadi gangguan utama dalam bekerja. jadi sebaiknya matikan notifikasi di gadget-mu atau setidaknya disilent dan digetarkan saja. Karena bunyi chat atau notifikasi yang masuk akan langsung memecahkan konsentrasimu, belum lagi ditambah keinginanmu untuk segera mengecek gadget-mu itu.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan lagu dapat membantumu untuk mengurangi stress tapi saat bekerja juga dapat mengganggu konsentrasimu loh, apalagi jika itu lagu yang kamu sukai. Jadi ditengah pekerjaanmu, kamu mendengarkan lagu yang kamu sukai, pasti konsentrasimu akan terpecah dengan lirik lagu tersebut kan? Untuk itu sebaiknya untuk bekerja, dengarkanlah instrument dan sesekali dengarkan lagu favoritmu juga.

3. Lapar

Faktanya memang dalam kondisi lapar, kamu tidak akan memiliki konsentrasi untuk bekerja dengan baik. Karena kamu akan memikirkan makanan-makanan yang dirasa akan kamu makan, atau kamu akan terganggu dengan suara yang dikeluarkan dari cacing-cacing diperutmu.

4. Gosip

Baik yang suka atau tidak suka dengan gossip, pasti akan terganggu. Jika kamu suka gossip, kamu akan berusaha untuk mencari tahu tentang informasi tersebut, sehingga konsentrasimu untuk bekerja sudah rusak. Kalau kamu gak suka gossip pun konsentrasimu akan tetap terganggu, karena omongan-omongan dari orang yang suka bergosip itu akan membuatmu tetap tidak fokus bekerja.

5. Browsing Internet

Rata-rata kantor menyediakan fasilitas internet dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hal itu sering dimanfaatkan oleh karyawannya untuk mengakses apa saja dari internet kantor. Sebetulnya hal itu boleh saja, asalkan menunjang pekerjaan atau pekerjaannya sudah selesai. Tapi jangan sampai karena koneksi yang cepat membuatmu hilang fokus dan mulai mengakses apapun dari internet yang tidak ada ujungnya.

6. Listrik Padam

Belakangan ini, dikota besar Indonesia sering terjadi pemadaman listrik. Tentu saja hal itu akan langsung memecahkan konsentrasi seseorang yang sedang bekerja. walaupun kantormu memiliki genset pun tetap saja konsentrasimu sudah terlanjur rusak. Karena biasanya listrik akan padam dulu baru sedetik kemudian listrik menyala. Selain bikin konsentrasimu rusak, hal itu juga bisa merusak perangkat elektronik

7. Kepanasan

Seperti yang sudah dibahas di point 6, jika listrik padam tentu saja perangkat elektronik akan padam juga ,termasuk pendingan ruangan. Jujurlah, kalau kamu tidak bisa bekerja dalam kondisi panas kan.

Itulah 7 hal yang bisa saja merusak konsentrasimu untuk bekerja. Tapi kalau ternyata dari ketujuh hal tersebut tidak ada yang membuat konsentrasimu rusak, berarti kamu sudah ahlinya dalam berkonsentrasi.

Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Rasa Bosan di Kantor.

Related Posts