in Tips Dunia Kerja

5 Cara Untuk Menciptakan Kesan Pertama

JobSmart Indonesia

Kesan pertama adalah hal yang penting karena seseorang akan langsung memberikan penilaianmu berdasarkan kesan pertama itu sendiri. Maka dari itu kamu harus berusaha untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Gak mau kan orang salah menilaimu karena kesan pertamamu yang buruk dimata mereka. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan kesan pertama yang baik :

1. Berikan Notes Yang Berisi Motivasi

Selembar note bisa jadi alat untuk memberikan kesan pertama yang manis. Kamu tidak harus membagikannya kepada rekan kerjamu yang belum terlalu dekat. Sebagai gantinya kamu bisa menaruhnya dimeja kerjamu atau kubikelmu, sehingga ketika ada orang yang lewat tempatmu, mereka bisa membacanya dan termotivasi. Secara gak langsung kamu sudah bisa membantu orang lain, bukan?

2. Membawa Makanan atau Minuman Ringan

Cemilan alias makanan dan minuman ringan dapat mencairkan suasana kerjamu. Ketika pekerjaanmu sudah selesai atau ketika sudah mendekati jam istirahat atau jam pulang kantor, kamu bisa membagikan cemilan yang kamu bawa dan mengobrol dengan mereka.

3. Berteman Dengan Rekan Kerjamu di Sosial Media

Tidak ada salahnya jika kamu mengirimkan friend request ke sosial media rekan kerjamu. Daripada kamu ketahuan kepo-in sosial media mereka. Berteman dengan rekan kerja di sosial media bukan berarti kamu mau kepoin kehidupan pribadinya, tapi kamu memang ingin berteman dengannya.

4. Buatlah Sesuatu Yang Menjadi Ciri Khas Dirimu

Ciri khas itu penting, jadi bersyukurlah kalau sekarang kamu sudah memiliki ciri khas. Untuk memiliki ciri khas itu tidak susah dan mahal, cukup menjadi diri sendiri dan lakukan hal itu karena kamu ingin melakukannya. Misalnya, kamu senang sekali bilang ‘wew’ dengan kamu berkata itu terus menerus, kamu bisa menemukan ciri khas mu sendiri.

5. Senyum

Ini adalah hal yang paling mudah dan murah yang bisa kamu lakukan. Dengan senyuman, kamu sudah bisa membuat mood seseorang menjadi baik kembali, bahkan tanpa kamu tidak berkata apa-apa. Bayangkan, betapa ajaibnya sebuah senyuman.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan kesan pertama, tapi yang terpenting adalah jangan berpura-pura untuk menjadi orang lain.

Baca juga : Jangan Jadi Dirimu Sendiri

Related Posts