in Tips Dunia Kerja

Sudah Siap Hari Pertama Bekerja?

JobSmart Indonesia

Hari pertama adalah hari yang paling berpengaruh dalam karirmu. Begitu anda salah langkah, hal itu bisa mengganggu karirmu ditempat itu. Karena setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda dari sebelumnya. Masalah akan sering muncul jika kebijakan tersebut mempengaruhi kinerjamu. Kalau hal itu terjadi sama kamu, berikut tips untuk mengatasinya:

1. Mengikuti arahan dan petunjuk resmi

Selama masa orientasi dan pelatihan cobalah untuk melihat bagaimana prosedur kerja dikomunikasikan kepadamu dengan cermat. Jika orang itu konsisten dalam mendokumentasikan arahan dan petunjuk kantor, maka proses transisimu akan berjalan mulus. Namun jika tidak pun, kamu bisa melakukan eksplorasi dengan bertanya dan mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Mempelajari pembuat keputusan dikantor

Bertanya adalah cara yang tepat untuk mengetahui siapa yang membuat keputusan dalam situasi tertentu. Perhatikan bagaimana sebuah diskusi dilakukan, masalah diselesaikan dan argument ditangani, dengan begitu kamu akan memahami suasana dan kekuatan dinamika dikantor.

3. Memperhatikan umpan balik dan penghargaan

Perhatikan siapan yang memberikan umpan balik dan memberikan penghargaan, apakah itu positif atau negatif. Kamu harus dapat mengawasi, menilai dan memiliki kuasa untuk memberikan penghargaan. Dengan umpan balik yang diberikan pada sebuah proyek dapat menggambarkan bagaimana upaya individu dan tim dihargai atau tidak. Karena jika tidak ada umpan balik, mereka akan merasa bingung karena apakah yang mereka lakukan memenuhi harapan atau tidak.

Pastikan sebelum kamu memulai lakukanlah  persiapan yang baik, sehingga apapun yang terjadinya nantinya, kamu akan tetap bersyukur karena kamu telah mempersiapkannya sebelumnya. Semoga berhasil.

Related Posts

Add a Comment

Your email address will not be published.