in Tips Dunia Kerja

Persiapkan Dirimu Untuk Wawancara Kerja  

JobSmart 

Ketika dipanggil oleh sebuah perusahaan untuk wawancara seringkali membuat kita menjadi panik dan stress. Mulai dari memilih kostum apa yang ingin dipakai, menghitung waktu supaya datang tepat waktu hingga pertanyaan apa yang kira-kira akan ditanyakan oleh rekruter. Selain dari penampilannya saja, ada beberapa berkas yang perlu dibawa juga loh seperti CV, resume, surat rekomendasi. Bahkan ada beberapa perusahaan yang juga meminta kandidat membawa salinan visa, atau izin tinggal, paspor, ijazah, surat keterangan dll.

Karena banyaknya berkas yang harus dibawa, sebaiknya buatlah daftar untuk memudahkanmu untuk mengumpulkannya. Supaya kamu tidak panik karena banyak hal yang harus dipersiapkan, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan:

1. Selalu berikan paket lengkap

Ketika berada dalam ruangan dengan para menajer dan rekruter, lakukanlah hal yang berbeda dari yang lain sehingga kamu terlihat menonjol. Misalnya, kalau kamu mau membagikan dokumen portofolio, usahakan agar semua yang ada diruangan itu mendapatkan copy-annya. Dan sebaiknya bagikan dokumen itu dalam bentuk kertas, jangan dikirim melalui email. Karena bisa saja email dari kamu itu masuk ke folder spam dan tidak terbaca oleh rekruter dan orang penting lainnya.

2. Tunjukan kalau kamu antusias

Rekruter pasti akan mencari kandidat yang antusias dan memiliki kemauan yang kuat untuk bergabung bersama perusahaan. Salah satunya untuk terlihat antusias adalah dengan persiapan yang baik. Misalnya dengan memisahkan dokumen portofolio atau proeyek yang pernah dibuat. Sebaiknya pisahkan tas berisi dokumen dengan tas pribadi anda supaya ketika dimintai dokumen yang diperlukan kamu masih ngacak-ngacak tas kamu dan kelihatan gak profesional.

3. Selalu siap kapanpun

Karena kamu gak tahu kapan perusahaan bersedia untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Sediakanlah selalu dokumenmu. Kamu mungkin akan mendapatkan pekerjaan itu dengan cepat, namun jangan tinggalkan kesan buruk tentang minat dan  perhatian pada pekerjaan kalau kamu melupakan dokumen-dokumen itu.

Related Posts

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.