in Tips Dunia Kerja

10 Kesalahan Saat Wawancara Kerja

JobSmart Indonesia

Wawancara kerja adalah kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan dalam proses rekrutmen. Hal itu bertujuan menemukan apakah kandidatnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Tapi tidak jarang, banyak kandidat yang melakukan kesalahan sehingga gagal dalam tahap ini. Mau tau apaaja hal-hal yang gak seharusnya kamu lakukan saat wawancara kerja, berikut daftarnya :

1. Menunjukan ketidaktertarikannya

Perhatikan setiap pesan yang kamu sampaikan baik itu secara verbal maupun nonverbal. Duduklah dengan tegap dan berpartisipasi aktif dalam pembicaraan. Berikan jawaban-jawaban yang cerdas kamu juga bisa menanyakan hal-hal jika memungkinkan.

2. Memainkan handphone

Menjawab telepon atau membalas pesan saat melakukan wawancara kerja adalah cara yang tepat kalau kamu mau menunjukan kalau kamu menyepelekan wawancara tersebut. kalau kamu mau mendapatkan pekerjaan tersebut, lebih baik silent handphonemu atau matikan saja.

3. Berpakaian yang kurang sopan

Rekruter yang melakukan wawancara akan menilaimu dari penampilanmu. Kamu tidak perlu berpenampilan mewah untuk menarik perhatian, cukup dengan memperhatikan pakaian yang kamu pakai, kebersihan dan aksesoris yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan.

4. Sok tau sama pertanyaan

Kalau kamu langsung menjawab seluruh pertanyaan dari rekruter sebelum rekruternya selesai memberikan pertanyaan itu bisa jadi masalah. Karena hal itu akan menunjukan bahwa kamu kurang serius dan sok tahu.

5. Menjelek-jelekan perusahaan lamanya

Jika kamu menjelekan-jelekan perusahaan lamamu itu bisa menjadi boomerang bagi dirimu sendiri. sebab rekruter akan merasa kamu akan melakukan hal yang sama pada perusahaan itu kalau kamu udah keluar dari situ.

6. Banyak bicara atau kurang bicara

Salah satu alasan dari rekruter melakukan wawancara kerja adalah untuk mencari tau apakah kamu orang yang tepat untuk bekerja bersama mereka tau tidak. Ingatlah selalu untuk terhubung dengan percakapan dan jangan sombong.

7. Menunjukan bahasa tubuh yang kurang baik

Bahasa tubuh mungkin seringkali terlupakan bagi kamu yang ingin melakukan wawancara kerja, tapi jangan anggap remeh, karena hal itu dapat mempengaruhi penilaian rekruter terhadapmu. Jangan sampai kamu gagal untuk melakukan kontak mata dan tersenyum, dan jangan menjabat tangan dengan lemah serta tunjukan percaya dirimu tp jgn berlebihan.

8. Gak bisa memberi contoh dari kemampuan yang dimiliki

Kamu pasti menuliskan kemampuanmu di CVmu, dan rekruter sering kali meminta bukti kalau kamu benar-benar mempunyai kemampuan tersebut. Maka dari itu, persiapkan dirimu sebaik mungkin dan jangan sampai kamu tulis kemampuan yang kamu gak bisa.

9. Memalsukan informasi

Seharusnya hal ini gak perlu ditulis karena memang sudah seharusnya hal itu tidak boleh dilakukan tanpa harus diperingatkan. Karena kalau sampai kamu memalsukan informasi bisa berurusan dengan hukum jadi sebaiknya jangan pernah lakukan hal itu.

10. Gagal untuk follow up

Ketika wawancara sudah berakhir, jangan pulang dan berharap seseorang akan menghubungimu terlebih dulu. Sebaiknya ucapkan terima kasih atau tanyakan statusmu pada perusahaan tersebut tapi perhatikan juga waktunya, jangan terlalu sering tapi tunjukan kalau kamu ingin bergabung diperusahaan itu.

Orang yang bijak pasti mampu belajar dari kesalahan. Maka dari itu, jangan abaikan kesalahan- kesalahan tadi supaya wawancara kerjamu berjalan dengan sukses. Supaya kamu gak perlu ribet melakukan wawancara, cari aja kerja di www.JobSmart.co.id , karena di situs pencarian kerja itu sudah ada berbagai macam psikotes yang dikemas secara menarik jadi perusahaan bisa tau kepribadian kamu dan kamu juga bisa kenali dirimu.

 

Baca Juga: Ini Dia Penyebab Kamu Tidak Dipanggil HRD Untuk Interview

Related Posts

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.